Rabu, 01 Juni 2011

Clinton Kecam Tewasnya Jurnalis Pakistan


Jurnalis Syed Saleem Shahzad (Foto: AP)
Jurnalis Syed Saleem Shahzad (Foto: AP)

WASHINGTON - Seorang jurnalis dilaporkan tewas saat menyelidiki adanya keterkaitan antara jaringan teroris Al Qaeda dengan militer Pakistan. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengecam keras tewasnya jurnalis tersebut.

"AS mengecam keras penculikan dan tewasnya jurnalis Syed Saleem Shahzad. Pekerjaannya adalah melaporkan aksi teror dan kerja intelijen membantu perjuangan terhadap kalangan garis keras yang mengganggu Pakistan," ungkap Clinton seperti dikutip AFP, Rabu (1/6/2011).

Shahzad yang bekerja untuk kantor berita Italia dan sebuah media di Hong Kong, dilaporkan hilang sejak Minggu 29 Mei lalu. Namun, hari ini tubuhnya yang sudah tidak bernyawa ditemukan sekitar 150 kilometer sebelah tenggara Islamabad. 

Pria berusia 40 tahun tersebut diketahui sedang melakukan peliputan investigasi saat dirinya dilaporkan hilang selama dua hari. Shahzad menyelidiki serangan yang dilakukan Al Qaeda terhadap sebuah markas militer.

Al Qaeda sendiri melakukan serangan itu dengan alasan untuk membalas kematian dari pemimpin mereka Osama bin Laden, yang tewas akibat operasi militer AS di Pakistan.

Clinton pun menghargai upaya Pakistan untuk menyeleidiki kematian dari Shahzad. Negeri Tetangga India sebelumnya membentuk panel penyelidik, guna mencari tahu operasi militer AS di Pakistan yang menewaskan Bin Laden.
Sumber : Okezone.com

Berita Populer Minggu ini