Kamis, 09 Juni 2011

HUT KODAM I/BB GELAR OPERASI KATARAK

KPKNes, Medan - Dalam rangka Hari Ulang Tahun yang ke-61, Kodam I/Bukit Barisan (BB) akan bekerja sama dengan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara, Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Sumut dan Inst Ophthalmology Tilganga Nepal, melaksanakan bakti sosial operasi mata katarak gratis di Kota Padang Sidimpuan dan Medan.

Pelaksanaannya dilaksanakan di dua tempat, yakni tanggal 14 – 17 Juni di Rumkit TNI Padangsidimpuan dan 18 – 23 Juni di Rumkit Putri Hijau Medan dengan target 1000 pasien.

Ketua INTI Sumut Indra Wahidin menyebutkan kepada Waspada Online, sore ini, penderita Katarak di Indonesia khususnya Sumut cukup banyak dengan penanganan yang masih rendah khususnya bagi warga kurang mampu. Maka dengan bakti sosial itu diharapkan dapat membantu pemerintah menekan angka penderita mata katarak yang menjadi salah satu penyebab kebutaan.

Dia mengatakan, Bakti sosial ini dapat terlaksana berkat partisipasi banyak pihak, khususnya Tilganga yang merupakan Badan Pelaksana Program Mata Nepal. Yakni sebuah LSM nirlaba berbasis masyarakat yang siap membantu program sosial di Sumut.

Kehadiran tim dokter dari Tilganga juga diharapkan bisa mentransfer ilmu dan alat memeriksa mata, yang sudah diakui dunia internasional itu, bagi tim medis di Rumkit P Sidimpuan dan RS Putri Hijau sehingga RS itu semakin maju.

Tahun lalu INTI Sumut juga telah sukses menggelar Bakti Sosial serupa di kota Medan. Bahkan pesertanya mencapai 600 orang dan melampaui dari target semula yang hanya 500 peserta.

Sumber : pemkomedan.go.id


Berita Populer Minggu ini